2/05/2009

KERETA BAGASI

Kereta itu bisa untuk mengangkut penumpang. Namun bisa juga didesain khusus mengangkut barang. Bukan gerbong lhooo !!!!.
Nama kereta yang didesain khusus untuk mengangkut barang yaitu kereta bagasi. Kode kereta B yang berarti BAGASI. Bentuknya sama dengan kereta penumpang hanya ada beberapa perbedaan diantaranya :
1. Tidak ada jendela kaca, hanya beberapa lubang ventilasi untuk sirkulasi udara.
2. Pintu samping ada 4(samping kanan 2, samping kiri 2) dan berukuran lebih lebar. dan 2 pintu penghubung antar kereta.
3. Didalamya kosong tanpa dilengkapi kursi hanya dilengkapi lampu penerangan dan kipas angin.
4. Warna keretanya bervariasi. Ada yang masih pola warna lama(biru tua), putih(untuk kelas Eks dan Bisnis), kuning(khusus angkutan barang dinas dan Ekonomi), hijau (parcel). Kereta Bagasi juga kadang digunakan untuk angkutan penumpang terutama pada saat arus mudik pada musim lebaran setiap tahun. Kereta ini dijadikan rangkaian tambahan dan dirangkaikan dengan kereta penumpang. NAmun bisa juga dioperasikan satu rangkaian penuh sebagai KA lebaran tambahan atau KA Komunitas alias KA sapu jagad.
Saat dirangkaikan dengan KA penumpang, kereta bagasi ini ditempatkan dibelakang lokomotif atau bagian belakang sendiri alias ekornya. Kereta bagasi ini digunakan untuk mengirim paket barang atau barang kiriman oleh perusahaan jasa pengiriman barang(ekspedisi). Perusahaan ekspedisi ini menyewa kereta bagasi ini kepada PT. Kereta Api(Persero). (Sumber : Majalah KA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar